Happy weekend !!!
Suatu hari si sayang "shogun 125 R" macet engine start nya,, padahal kondisi aki masih Fit.. Pas nekan tombol start hanya ada bunyi "tek, tek tek" doang dan sama sekali gak mau mutar tuh engine start (elektrik motor).. Okeh, sebelumnya kalo si sayang dalam kondisi "fit" sih gak masalah jalan kemana mana tanpa engine start, tapi masalahnya si sayang udah rada tua, kadang hidup segan dan kebanjiran, ato kalo pas turun gunung kadang mesin suka mati sendiri karena setelan gas rendah banget (maklum setelan irit bgtskl)
Perkenalkan si sayang..
Shogun 125R korekan porsi 50, clip pake nissin micra, vleg yoshi aftermarket besi tua lampu depan belakang pecah gegara di bawa masuk hutan..
Suatu hari si sayang "shogun 125 R" macet engine start nya,, padahal kondisi aki masih Fit.. Pas nekan tombol start hanya ada bunyi "tek, tek tek" doang dan sama sekali gak mau mutar tuh engine start (elektrik motor).. Okeh, sebelumnya kalo si sayang dalam kondisi "fit" sih gak masalah jalan kemana mana tanpa engine start, tapi masalahnya si sayang udah rada tua, kadang hidup segan dan kebanjiran, ato kalo pas turun gunung kadang mesin suka mati sendiri karena setelan gas rendah banget (maklum setelan irit bgtskl)
Perkenalkan si sayang..
Shogun 125R korekan porsi 50, clip pake nissin micra, vleg yoshi aftermarket besi tua lampu depan belakang pecah gegara di bawa masuk hutan..
Pas kemarin di bawa sedikit turing, asli kerepotan karena mesin sering mati karena ring piston rada soak, sampe ke rumah rada kzl dan dengan nekad, di bongkarlah itu barang..
Body samping kanan dan sayap belakang di bongkar.. Kemudian dudukan tali kopling (si sayang sekarang pake kopling manual biar gaya tenan).
Dan akhirnya sampe juga di baut engine start.
Bermodal kunci T8 bisa kok di bongkar, langsung aja cabut elektrik startnya terus buka pake kunci 7 ring. Dalemannya pasti tuh carbon brush abis..
Posisi Elektrik Start Shogun 125 R |
Dan akhirnya sampe juga di baut engine start.
Bermodal kunci T8 bisa kok di bongkar, langsung aja cabut elektrik startnya terus buka pake kunci 7 ring. Dalemannya pasti tuh carbon brush abis..
Kebeneran,, apa yang gw pikirkan ternyata bener, tuh karbon brush abis total, yang sisi plus (+) kepotong abis dan sisi minus (-) udah nyampe ke kabelnya...
Ganti pake carbonbrush aftermarket juga, karena sepertinya gak mungkin buat mengakali ato solder ulang tuh barang. Harganya yang baru cukup murah kok, cuman 10.000,-- udah lengkap sama per dan baut + nya pulak..
Tuh carbon brush posisinya ujung dalam, jadi harus di bongkar abis, supaya bisa ngeganti carbon brushnya.
Agak ribet sih masangnya cuman kalo telaten pasti bisa kok.. Kemarin gw akalin pake obeng Minus (-) 2 biji baru di rakit ulang.. Perlu di ingat, jangan kebalik posisi magnitnya takutnya mutar ke belakang malah tuh mesin gak bakal pake nyala..
Okeh, pasang lagi, inget, sebelumnya tes nyalain dulu tuh mesin... Kalo masih bermasalah coba langkah ini
1. Istirahat dulu..
2. Bikin kopi segelas
3. Nyalakan rokok (not recomended)
4. Renungkan apa salah dan dosa sampean
5. Ulang lagi langkah di atas
6. Kalo masih gak bisa, geret ke bengkel :xD
Dijamin pasti nyala :p
Okeh, bye dulu.. Selamat pagi...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar